Meriahkan HUT RI, PERCASI Sulbar Gelar Kejuaraan Catur Junior

Mamuju,- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulbar, menggelar Kejuaraan Catur Junior yang diikuti sebanyak 32 peseta lomba.

Mereka peserta lomba kategori di bawah umur 17 tahun dengan menggunakan kostum terunik teman 17 an.

Kejuaraan tersebut diselenggarakan di Sekretariat LPK SC Sulbar Jl. Kurungan Bassi No. 35 D Rimuku, Mamuju – Sulbar pada Sabtu (17/8/2024).

Dalam sambutannya Akbar Haliq Kepala Sekolah LPK SC Sulbar mengatakan  berkomitmen untuk membuat Kejuaraan Catur Junior 2024 sebagai acara yang sukses dan berkesan.

Selain itu, dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan dan dapat memastikan acara ini berjalan dengan lancar serta mencapai tujuannya dalam memupuk minat, bakat, dan prestasi di bidang catur.

“Sehingga bisa menciptakan atletnasional bakal mendunia, dengan kegiatan kita bisa menggali potensi – potensi atlet muda kita,” ujarnya

 

Baca Juga : Cabor Catur Sulbar Raih Medali Perak di Pornas

 

Sementara itu, Ketua Umum PERCASI Sulbar, Muhammad Jayadi juga mengapresiasi kinerja LPK SC dan panitia penyelenggara kejuaraan lomba catur level junior atas kinerja dan komitmennya, sehingga kejuaraan catur level junior dapat terselenggara dengan baik.

Selain itu, ia mengatakan bahwa ini adalah salah satu bukti keseriusan untuk dapat menemukan bakat- bakat baru dalam olahraga catur, untuk membangun sebuah komunitas catur yang kuat di tingkat junior.

“Bismillahirahmanirohim, dengan membuka open turnament kejuaraan catur level junior secara resmi ini, tentu semangat kita hari dapat menggelorakan diri kita, karena di mana hari 17 Agustus inilah Seokarno mendeklarasikan hari kemerdekaan RI,” ujarnya

Lanjut, Mengisi kemerdekaan dengan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Jayadi mengajak kepada semuanya agar bagaimana memaknai arti sebuah kemerdekaan.

Selain itu, bagaimana genarasi tentu  bebas dari jajahan negara asing.

“Bebas makna kemerdekaan ini untuk bermimpi jauh untuk mewujudkan cita- cita kita, tidak boleh ada intervensi untuk mau jadi apa,” katnya

Masih Jayadi menjelaskan, bahwa bermain catur adalah satu melatih otak, melatih pikiran untuk membangun strategi.

Olahraga catur baik duduk SD mau pun SMP rata- rata orang yang pintar main, pandai main catur rata – rata nilainya tidak mengecewakan.

Proses permainan muda mudahan bisa berkelanjutan.

“Saya berharap bisa berkelanjutan untuk tahun selanjutnya, anak- anak jangan berhenti sampai di sini, kita bisa bertemu untuk memberikan pembinaan selalu baik secara tatap muka mau pun secara on line,”

Pembinaan yang ia lakukan bisa memajukan prestasi bagi Sulbar. Selain itu, ia mengatakan untuk tidak bermimpi tanpa pembinaan yang berkesinambungan.

Semoga tetap berkomitmen memajukan prestasi catur dan untuk atlet junior muda mudahan ke depan bisa naik ke level nasionsal.

“Mudahan ada bibit yang bisa kita andalkan dan bisa kita berikan pelatihan secara kontinyu yang dilatih langsung oleh pelatih lokal dan mau pun pelatih nasional,”. (*)

Comment