Sambut Pilkada 2024,Kampus Universitas Tomakaka dan Bhabinkantibmas Desa Salletto Gelar Seminar Pendidikan

Mamuju- Kampus Universitas Tomakaka melaksanakan seminar Pendidikan Politik menyambut Pilkada 2024 Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan tersebut dikekerjasamakan dengan Babinkantibmas Desa Salletto dan PPK Kecamatan Simboro dengan mengusung tema; “Pencegahan money Politik Dan Black Caimpaign Dalam Menyambut Pilkada 2024 di Prov. Sulbar”.

Bhabinktibmas Desa Salletto Brigpol Riefky Dj Al Idrus, menjadi narasumber, ‘Peran Polri dan Netralitas Polri pada Pilkada Tahun 2024’.

Dalam pemaparan materinya Bhabinkamtibmas Desa Salletto tersebut menjelaskan bahwa Polri terus berupaya menjaga kestabilan keamanan menjelang pilkada serentak tahun 2024.

Ia memastikan bahwa proses pilkada berjalan dengan adil dan demokratis.

Dalam konteks yang lebih luas, peran Polri dalam Pilkada sangat penting dalam mempertahankan stabilitas keamanan dan memastikan keadilan serta integritas demokrasi.

“Black Campaign dan Money Politic adalah musuh bersama. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk menanamkan diri agar menolak hal tersebut,” ujar Brigpol Riefky Dj Al Idrus, di gedung serbaguna desa saletto kec.Simboro Kab. Mamuju pada Senin, (10/06/2024).

Lanjut ia meminta kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan memprovokasi serta terus meningkatkan silaturahmi dengan semua kalangan masyarakat.

“Juga lebih cerdas merespon atau menanggapi berita berita yang belum tentu kebenarannya,” ujar dia.

Bhabinkantibmas desa Salletto tersebut juga menuturkan tujuan dari kegitan tersebut dilaksanakan diantaranya :

1.Memberikan pemahaman dan pendidikan politik kepada masyarakat terkhusus money politik dan Black Campaign.

2. Untuk mengetahui perkembangan situasi kamtibmas di wilayah binaan dan bisa meminimalisir adanya konflik menjelang pilkada serentak tahun 2024.

3. Agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif dalam menyambut pilkada 2024 di Desa Binaan.

Di Konfirmasi di tempat berbeda, Wakil Rektor III Universitas Tomakaka Bid. Kemahasiswaan dan Kerjasama, Syamsuriadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak Pemerintah desa Salletto, Bhabinkantibmas desa salletto, dan PPK Kec. Simboro serta Para Dosen Universitas yang terlibat Tomakaka, atas kerjasamanya sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dan terselenggara dengan baik.

Adi sappaan akrabnya mengatakan, kegiatan seperti ini harus ditingkatkan oleh Perguruan tinggi terkhusus para dosen sebagai implementasi Tri darma perguruan Tinggi. Selain Tridarma Perguruan tinggi, tentu kegiatan seperti ini juga selaras dengan tugas dan peran POLRI khususnya Bhabinkantibmas.

“Dan kegiatan kegiatan seperti ini harus kita apresiasi dan kalau perlu kita beri penghargaan sebagai motivasi dan dorongan agar kegiatan-kegaitan positif seperti ini bisa terus terlaksana dan berkesinambungan,” tutupnya. (*)

Comment