Bendungan Ambruk di Terjang Banjir, PMII Mamuju Desak Pemerintah Bagun Kembali

MAMUJU,MEDIAEKSPRES,id – Bendungan saluran irigasi rusak parah, akibat diterjang banjir seminggu yang lalu pada, Selasa, 11 Oktober 2022.

Dari kejadian tersebut, mengakibatkan beberapa daerah di kecamatan Kalukku mengalami longsor dan banjir salah-satunya adalah lingkungan Sampoang, kelurahan Sinyonyoi Selatan, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Bendungan yang ambruk pasca banjir bandang kec. Kelukku. Yang terletak di Kelurahan Sinyonyoi Selatan, Link. Sampoang.

bencana banjir tersebut, selain mengakibatkan seluruh kampung Sampoang terendam banjir, juga mengakibatkan bendungan saluran irigasi pertanian, yang mengaliri kurang lebih sekitar 200 hektar persawahan dan perkebunan masyarakat sampoang ambruk dan rusak parah.

(Foto: Sukri Karim) Batang Kayu memenuhi perkampungan yang dibawa oleh luapan air sungai banjir bandang yang menimpa kec. Kalukku Minggu lalu.

“Hal itu menyebabkan bendungan tersebut, tidak dapat difungsikan lagi, alias tidak dapat beroperasi lagi,” ujar salah satu Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Mamuju Sukri Karim di Kalukku, Sabtu, (22/10/2022).

Lanjut dia, bendungan saluran irigasi tersebut, menjadi penunjang keberhasilan pertanian. Khususnya para petani di Sampoang. Mereka sangat bergantung kepada saluran irigasi, sebagai penyeimbang kesuruburan tanaman.

Bahkan setiap tahunnya, pasca panen, masyarakat Sampoang selalu menggelar tradisi syukuran dan bersih-bersih di bendungan tersebut.

“Selaku pemuda Sampoang dan kader Pergerakan mahasiswa islam Indonesia (PMII) Cabang Mamuju, mendesak pemerintah agar kiranya melakukan percepatan pembangunan kembali, bendungan yang ambruk di terjang banjir bandang. Karena akan berdampak pada kestabilan pertanian yang Sampoang khususnya,” ujar Sukri sapaan akrabnya.

Foto bendungan yang mejadi daya tarik wisata sekitar sebelum ambruk di terjang banjir beberapa waktu lalu.

 

Reporter : Chandra

Editor : mediaekspres.id

“Semakin besar bendungan kesabaran, semakin buruk banjir saat bendungan itu pecah,”

Austin O’Malley

 

Comment