Mengenal Golongan Darah Emas: Berkat Sekaligus Kutukan bagi Pemiliknya

MEDIAEKSPRES.id – Jenis darah pada manusia sangat berbeda satu dengan yang lain. Bahkan ada golongan cairan dari manusia tersebut yang cukup langka, salah satunya darah emas. Hal itu sekaligus membahayakan pemilik golangan darah jenis ini.

Darah emas atau darah Rhesus (Rh) null merupakan jenis darah yang sangat langka di dunia. Dalam setengah abad terakhir, hanya 43 orang yang diidentifikasikan memiliki tipe darah ini.

Dilansir dari viva.co.id, Rh-null sangat dicari untuk penelitian ilmiah hingga transfusi darah. Namun justru sangat berbahaya bagi pemiliknya sendiri karena kelangkaannya.

Darah manusia mungkin terlihat sama pada semua orang, tetapi sebenarnya sangat berbeda. Dan untuk memahami darah emas, penting untuk mengetahui bagaimana tipe darah bekerja.

Setiap sel darah merah memiliki hingga 342 antigen – molekul yang memicu produksi protein khusus tertentu yang disebut antibodi – dan tidak adanya antigen tertentu yang menentukan jenis darah seseorang. Sekitar 160 antigen dianggap umum. Artinya ditemukan pada sel darah merah mayoritas manusia di bumi.

Jika seseorang dengan kekurangan antigen dalam darahnya ditemukan pada 99 persen dari semua manusia maka darah mereka dianggap langka. Jika mereka yang kekurangan antigen dalam darahnya ditemukan pada 99,99 persen manusia maka darah mereka dianggap sangat langka.

Comment