DPRD Sulbar Pertanyakan RKB Covid-19, OPD: Lewat Inspektorat

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.id – Pansus pengawasan refocusing anggaran Covid-19 DPRD Sulbar menyebut, ada empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum menyerahkan Rencana Kebutuhan Belanja (RKB) dana APBD 2020.

OPD tersebut, diantaranya RSU Regional Sulbar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Ketenagakerjaan, dan Dinas Sosial.

“Empat OPD ini belum menyerahkan ke kami RKB penanganan Covid-19,” kata Wakil Ketua Pansus, M. Hatta Kainang, Kamis (14/5/2020).

Hatta Kainang mengaku sudah meminta RKB melalui komunikasi staf, hingga surat pimpinan DPRD Sulbar. Namun hal itu tak kunjung digubris pihak OPD.

Padahal, Pemprov Sulbar mengalokasikan dana sekira Rp 175 miliar dari APBD 2020 untuk penanganan Covid-19. Anggaran tersebut, lanjut Hatta, perlu diawasi.

“Jangan karena DPRD tidak punya ruang di dalam proses membahas anggaran Covid-19, OPD dimaksud seolah-olah tidak melihat lembaga DPRD Sulbar. Perlu diingat, di dalam Permendagri 20 tahun 2020 dan SKB Menteri, bersama DPRD mengawasi proses refocusing,” jelasnya.

Politisi NasDem itu meminta agar OPD terkait taat aturan. Apalagi, sikap terkesan tidak transparan dari eksekutif berkonsekuensi hukum.

Ia pun menegaskan, bakal memasukkan masalah itu sebagai catatan rekomendasi Pansus pengawasan refocusing anggaran Covid-19.

“Ini menjadi catatan rekomendasi Pansus, kami bisa subjektif menilai ada apa apa ketika OPD dimaksud tidak transparan,” terang Hatta Kainang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulbar, Madareski Salatin menjelaskan, OPD secara kolektif melaporkan RKB Covid-19 ke Inspektorat.

“Jadi soal RKB kami sudah laporkan ke Inspektorat, kolektif seluruh eksekutif lapornya ke Inspektorat,” ujar Madareski kepada wartawan via telepon.

Sayangnya, ia menolak membeberkan jumlah anggaran Covid-19 yang melekat di Dinas Ketenagakerjaan. Alasannya, masih ada beberapa item perlu dirasionalisasi.

“Saya belum bisa sebutkan angkanya karena masih ada yang mau dirasionalisasi, besok baru final. Mungkin ini lah yang dimaksud pak Hatta,” tutup Madareski.

Reporter: Shermes

Editor      : Mediaekspres.id

Quotes of the day “Penyebab seseorang menjadi kuat, adalah kegagalan.”

Machiavelli

Comment