Wabah Corona Merebak, Jokowi Instruksikan Kepala Daerah Tentukan Status Wilayah

JAKARTA, MEDIAEKSPRES.ID – Presiden Joko Wiodo (Jokowi) menginstruksikan seluruh kepala daerah terus memonitor kondisi wilayah masing-masing.

Hal itu lakukan Jokowi untuk meminimalisir penyebaran virus Corona Covid-19 di wilayah Indonesia.

“Saya minta seluruh gubernur, bupati dan walikota terus memonitor kondisi daerahnya, berkonsultasi dengan pakar medis dan juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menentukan status daerahnya, siaga darurat ataukah tanggap darurat bencana non-alam!” tegas Presiden dikutip di laman Facebook pribadinya, Minggu (15/3/2020).

Bukan tanpa alasan Jokowi mengamanahkan penentuan status wilayah kepada masing-masing kepala daerah.

Sebagai negara besar yang terdiri dari beberapa pulau, tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia bisa bervariasi antardaerah.

Jokowi ikut menyinggung sikap sejumlah negara yang lebih dulu terpapar pandemik tersebut.

“Menghadapi pandemik global Covid-19 ini beberapa negara yang mengalami penyebaran lebih awal dari kita, ada yang melakukan lock-down dengan segala konsekuensinya,” ujarnya.

“Ada yang tidak melakukan lock-down, namun melakukan langkah dan kebijakan yang ketat untuk menghambat penyebaran Covid-19,” sambungnya lagi.

Selain itu, Presiden juga mengimbau pemerintah daerah membuat kebijakan bagi pelajar, ASN dan kegiatan pemerintahan sesuai kondisi.

Kebijakan tersebut menyangkut proses belajar dari rumah bagi pelajar/mahasiswa, kebijakan tentang sebagian ASN bekerja di rumah dengan tetap memberi pelayanan kepada masyarakat, dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Para kepala daerah juga saya minta membuat kebijakan sesuai kondisi daerahnya,” kata mantan Walikota Solo tersebut.

Dalam postingan yang diunggah Presiden Jokowi itu, pihaknya tak lupa mengingatkan setiap daerah agar meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi Covid-19 dan pengobatan secara maksimal.

Ia berharap, kemampuan rumah sakit daerah dapat dimanfaatkan, bekerja sama dengan rumah sakit swasta, serta lembaga riset dan pendidikan tinggi.

“Saya sudah memerintahkan untuk memberikan dukungan anggaran untuk digunakan secara efektif dan efisien, cepat dan memiliki landasan hukum agar pihak yang relevan dapat menggunakannya!” pungkas Presiden Jokowi.

Reporter: Harly

Editor : Mediaekspres.id

Comment