PPNI Sulbar Desak Pemerintah Sediakan APD

MAMUJU, MEDIAEKSPRES.ID –  Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diminta segera menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang bekerja di Puskesmas maupun rumah sakit.

Menurut Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulbar, Harman, pemerintah wajib memastikan ketersediaan alat pelindung – di tengah ancaman virus Corona.

Dirinya juga menegaskan, pelayanan kesehatan akan maksimal jika ditunjang dengan ketersediaan APD untuk dokter dan perawat.

Harman

“Pemerintah wajib memastikan APD ini ada dan cukup — karena kalau tidak, pelayanan kesehatan ke masyarakat tak akan maksimal,” ujar Harman, Selasa (24/3/2020).

Ketua PPNI menambahkan, tenaga medis di Puskesmas harus menjadi prioritas pertama penyaluran APD. Alasannya, Puskesmas menjadi tujuan awal masyarakat memeriksakan kesehatan sebelum ke rumah sakit.

Harman mengaku, tenaga perawat di sejumlah Puskesmas mengeluhkan hal tersebut.

“Kalau masyarakat kan pertama mengeluhkan kondisi kesehatan, pastinya ke Puskesmas dulu baru ke rumah sakit. Jadi APD harus didistribusi pertama ke Puskesmas!” pinta Harman.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, dr. Alief mengklaim sudah ada stok APD sebanyak 150 stel.

“Kami bekerja sama dengan Polda Sulbar itu sudah mendatangkan sebanyak 150 APD,” singkat dr. Alif via telepon.

Reporter: Harly

Editor     : Mediaekspres.id

Comment