PMTI Gelontorkan Rp750 Juta di HUT Mamasa 21

MAMASA,MEDIAEKSPRES.ID- Persebaran keluarga Toraja di Indonesia berhimpun dalam sebuah lembaga kekeluargaan yang diberi nama Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI). Paguyuban keluarga besar Toraja ini berkedudukan di Jakarta.

PMTI ini kini dipimpin oleh seorang pensiunan perwira tentara yang bernama Mayjen TNI Purn. Yulius Selvanus Kumba’a

Senin sore, 7 Maret 2023, sekitar pukul 16.40 WITA, seorang tokoh Kabupaten Mamasa yang bernama Muspida Mandadung setia melayani wawancara singkat.

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Mamasa tepat 11 Maret 2023. HUT kali ini diadakan beragam kegiatan menyambut hari lahir Kabupaten Mamasa.

HUT Mamasa ini diinisisasi oleh PMTI yang tetap menggandeng Pemerintah Daerah (Pemkab) Mamasa bersama-sama memeriahkan segala rangkaian acara jelang puncak HUT Mamasa tersebut.

Selaku penyokong acara HUT, PMTI pusat memercayakan kepada Andarias Bandangan sebagai Ketua Umum Panitia HUT Kabupaten Mamasa 2023 dan Muspida Mandadung sendiri sebagai Sekretaris Umum Panitia.

Dua tokoh Mamasa ini tercatat sebagai eksponen pejuang pembentukan Kabupaten Mamasa 20an tahun lalu. Keduanya kini juga aktif di kepengurusan PG-GTM Sulawesi Barat.

Menurut Muspida, nama acara Amazing Mamasa 2023 melekatlan nama PMTI kerjasam Pemkab Mamasa.

Dalam perayaan HUT Mamasa ini, sebut Muspida, terdiri dari ragam kegiatan: karnaval budaya diikuti 17 kecamatan; pameran pembangunan diikuti 17 kecamatan, lomba musik bambu; lomba padua suara; lomba tenun tradisional; lomba mancing; lomba catur; pertandingan tinju; dan lomba muane masakan dan baine matatta (sejenis pemilihan putra dan putri Indonesia).

Perayaan meramaikan HUT Kabupaten Mamasa dimulai pada 4 Maret dan berakhir 11 Maret 2023.

Belum ada penjelasan dari pihak Pemkab Mamasa terkait ‘operan’ kegiatan memeriahkan HUT kali ini dengan memercayakan kepada PMTI, pihak di luar pemerintah daerah.

Apakah Pemkab Mamasa tak punya ongkos terkait kemeriahan acara ini? Ini juga pertanyaan.

Kesiapan PMTI menggelontorkan anggaran terbilang besar dalam perhelatan di ibu kota kabupaten ini, layak diacungkan jempol.

Berapa anggaran yang disiapkan PMTI? “Sekitar 750 juta, dinda,” tulis Muspida Mandadung dalam keterangannya.

Penulis : SARMAN SAHUDING

Editor : mediaekspres.id

Comment